PERKEMBANGAN DAN TAHAPAN JANIN DALAM RAHIM
(QS. AL-HAJJ SURAH KE 22 :
5)
MAKALAH
Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah: Tafsir
Dosen Pengampu : Ali Imron,

Disusun:
1.
Umi Nur
Fadhilah 1403046088
2.
Khoirina
Rahmawati 1403046101
3.
Niswatussholihah 1403046103
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2017
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Satu-satunya jalan untuk mengenal
dengan baik siapa itu manusia merujuk kepada wahyu ilahi, agar kita dapat
menemukan jawabannya. Oleh karena itu, kita harus memahami ayat-ayat yang
berhubungan dengan manusia itu sendiri. Sebenarnya ada beberapa ayat yang
banyak menyinggung tentang manusia dan awal penciptaannya, yang pada akhirnya
akan menunjukkan kebesaran Allah dan bentuk nyata hari kebangkitan yang akan
menyadarkan manusia bahwa kuasa Allah itu lebih tinggi dari kuasa mereka.oleh
karena itu perlu dikaji secara mendalam, ayat yang dirasa relevan yang bisa
dijadikan acuan untuk memahami dengan baik siapa manusia itu sebenarnya maka
perlu dikaji dan dibahas salah satu ayat dalam surah al-Hajj ayat 5.
B. Rumusan
Masalah
1.
Bagaimana Tafsir surah Al-Hajj ayat 5?
2.
Bagaimana proses perkembangan jajin dan tahapannya
dalam ilmu biologi?
BAB II
PEMBAHASAN
1.
Tafsir surah
Al-Hajj ayat 5
a.
Kata

Artinya: Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur),
Maka (ketahuilah) Sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian
dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging
yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada
kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang
sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan
berangsur- angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada
yang diwafatkan dan (adapula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai
pikun, supaya Dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah
diketahuinya. dan kamu Lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami
turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai
macam tumbuh-tumbuhan yang indah..
Dalam ayat ini, Allah mengajak semua
manusia baik yang membantah dan menolak secara jelas keniscayaan Hari
Kebangkitan maupun yang masih ragu, untuk merenungkan kuasa Allah dan bukti
keniscayaan hari Kebangkitan. Dalam ayat ini di jelaskan bahwa kaum musyrikin
menolak secara tegas kenabian nabi Muhammad SAW. mereka tidak membenarkan apa
yang diajarkan oleh Nabi serperti adanya hari Kebangkitan. Mereka semua ragu
bagaimana mungkin tulang belulang yang sudah bereserakan di dalam tanah mampu
untuk di bangkitkan kembali. Mereka mengingkari bahwa semua itu tidak mungkin
terjadi. Dan mereka tidak mempercayai kekuasaan Allah. Yang mereka anggap
kekuasaan Allah itu sama dengan kekuasaan mereka pada diri sendiri.
Awal ayat pada surah ini berupa
ajakan يَاأَيُّهَا
النَّاسُ yang berarti “hai manusia”. Ayat ini mengandung indikasi
bahwa tergolong surah atau ayat “Makkyah”. Yang isi kandungannya mencakup
Akidah atau Keimanan. Rasulullah SAW menyeru dan menjelaskan kepada kaum kafir
Quraish untuk mengimani adanya hari kebangkitan dan penciptaan manusia yang
pada saat itu mereka anggap merupakan suatu hal yang dianggap mustahil.
Surah al-Hajj Ayat 5 menjelaskan tentang proses penciptaan,
kematian, dan kebangkitan setelah mati. Pertama,
kata (خَلَقْنَاكُم مِّن تُرَابٍ) artinya kami
telah menciptakan kamu dari tanah, yang dalam artian menciptakan leluhur
kamu yakni, Adam dari tanah. Ayat ini berbicara tentang reproduksi manusia,
bukan seperti pendapat banyak ulama bahwa kata tanah dipahami sebagai
berbicara tentang asal kejadian leluhur manusia, yakni Adam as. Kedua, kata (نُّطْفَةٍ)
dalam bahasa arab berarti setetes yang dapat membasahi. Penggunaan kata
ini menyangkut tentang proses kejadian manusia yang sejalan dengan penemuan ilmiah
yang menyebutkan bahwa pancaran air mani yang menyembur dari alat kelamin pria
mengadung sekitar dua ratus juta benih manusia, dan yang dapat bertemu dengan
indung telur hanya satu saja. Itulah yang dimaksud dengan nutfah. Ada
juga yang memahami kata nutfah dalam arti hasil pertemuan antara sel
sperma dengan sel telur di dalam ovum.
Ketiga, kata (عَلَقَة) yang terambil dari kata a’laqa. Dalam kamus – kamus bahasa, kata itu
diartikan dengan a) segumpal darah yang membeku, b) sesuatu yang seperti
cacing, berwarna hitam, terdapat dalam air, bila air itu diminum, cacing
tersebut menyangkut di kerongkongannya, c) sesuatu yang bergantung atau
berdempet. Dahulu kata tersebut dipahamai dalam arti segumpal darah,
namun kemudian setelah maraknya penelitian dan berkembangnya ilmu pengethuan,
para embriolog enggan mengartikannnya dalam arti tersebut. Mereka lebih
cenderung memahaminya dalam arti sesuatu yang bergantung atau berdempet di
dinding rahim. Keempat, kata (مُضْغَةٍ)
yang terambildari kata Mudhghaha yang berarti mengunyah. Mudhghah
adalah sesuatu yang kadarnya kecil sehingga dapat dikunyah.
Kelima, kata (مُخَلَّقَةٍ) yang terambil dari kata khalaqa
yang berarti mencipta atau menjadikan. Dengan demikian, penyifatan (مُضْغَةٍ) dengan kata (مُخَلَّقَةٍ)
mengisyaratkan bahwa sekerat daging itu telah mengalami penciptaan yang
berulang-ulang kali dalam berbagai bentuk sehingga akhirnya menjadi bentuk yang
sempurna yaitu bentuk manusia (bayi) yang telah lengkap semua organnya dan
tinggal menunggu masa kelahiran. Keenam, kata (طِفْلاً)
yakni anak kecil / bayi. Kata ini berbentuk tunggal, walaupun redaksinya
ayatnya ditujukan kepada jamak, karena ayat ini menggambarkan keadaan setiap
yang lahir, kata tersebut dipahami dalam arti masing-masing kamu lahir dalam
bentuk anak kecil / bayi.
Ketujuh, kata (أَرْذَلِ) yang terambil dari kata (رْذَل)
yang berarti sesuatu yang hina atau nilainya rendah. Yang dimaksud disini
adalah usia yang sangat tua yang menjadikan seseorang tidak memiliki lagi
produktivitas karena daya fisik dan ingatannya telah sangat berkurang.
Kata (هَامِدَةً)
hamidah dipahami dalam arti suatu kondisi antara hidup dan mati.
Bila kata ini menyifati api, ia berarti paham-walau sia-sia bara
apinya masih terlihat. Dan, bila ia menyifati tanah, ia berarti tidak
memiliki tumbuhan karena gersang dan kering.
Kata (زَوْجٍ)
zawj, yang menunjuk kepada aneka tumbuhan, dapat juga diartikan
pasangan, dalam artin Allah SWT menciptakann pasangan-pasangan bagi
tumbuh-tumbuhan, yang dengan pasangannya ia dapatt berkembang biak. [1]
b.
Munasabah Ayat
Pada ayat kelima ini mempunyai
keterkaitan dengan ayat sebelumnya, yaitu dimana ayat yang sebelumnya
menjelaskan tentang adanya manusia yang tidak percaya dan membantah tentang
kuasa Allah SWT tentang membangkitkan manusia setelah kematiannya. Maka pada ayat
ini, Allah SWT mengajak manusia yang membantah, menolak atau meragukan kuasa
Allah SWT tentang hari kebangkitan untuk merenungkan kuasa Allah SWT akan hal
tersebut (hari kebangkitan). Hal ini dibuktikan dengan perpindahan tanah yang
mati ke nutfhah (setetes mani) sampai akhirnya menjadi bayi yang segar
bugar adalah bukti yang tidak dapat diragukan tentang terjadinya peralihan yang
mati menjadi hidup.
Bayi yang lahir ke dunia, dengan
berangsur-angsur akan menjadi dewasa, dan pada akhirnya akan kembali pada
ketidak berdayaan, yaitu masa tua. Allah SWT sama sekali tidak mengalami
kesulitan untuk menciptakan manusia (dari benda mati menjadi hidup), begitu
pula Allah SWT tidak mengalami kesulitan untuk mengembalikan manusia
meninggalkan dunia ini dan membangkitkannya pula di akhirat kelak. Tidak ada
sesuatu pun yang sulit bagi Allah SWT. Pada contoh lain, Allah SWT dengan
mudahnya mampu menghidupkan tanah yang kering kerontang atau mati, hanya dengan
menurunkan hujan diatasnya. Contoh ini lebih jelas, karena dapat dilihat secara
langsung oleh indera manusia.[2]
c.
Kandungan Ayat
Surat al-Hajj : 5 menjelaskan bahwa
proses kejadian manusia, yaitu manusia berasal dari nuthfah (setetes
yang dapat membasahi), kemudian menjadi ‘alaqah dan pada akhirnya
menjadi bayi. Kesemuanya itu sebagai bukti yang nyata adanya kebenaran akan
kebesaran Allah s.w.t. Ayat ini juga menjelaskan akan kebenaran adanya hari
kiamat, sehingga manusia dalam bertindak tidak akan sewenang-wenang, agar tidak
terjerumus dalam maksiat. Semua yang dilakukan atau diperbuat oleh manusia
dalam alam dunia ini akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat kelak. Manusia
sebagai khalifah di bumi ini juga harus mempertanggungjawabkan tugas-tugas yang
diembannya. Semua pertanggungjawaban itu kelak akan tagih oleh Allah s.w.t di
akhirat kelak. Maka, sebagai seorang Muslim, kita harus meyakini akan datangnya
hari kiamat.
Tidak ada yang mustahil bagi Allah
s.w.t, termasuk menghidupkan kembali manusia sesudah kematian. Sebab Allah s.w.t
yang menciptakan manusia dari sari pati tanah, kemudian diberi tulang-tulang,
sehingga membentuk manusia. Lebih jelasnya, dalam surat ini diterangkan
bahwasanya manusia diciptakan dari setetes mani, kemudian menjadi segumpal
darah, lalu segumpal daging yang sempurna, dan ditempatkan dalam rahim seorang
perempuan. Selanjutnya, dikeluarkan menjadi seorang bayi. Hal ini menunjukkan
bahwasanya tidak ada kesukaran bagi Allah dalam menciptakan manusia dan tidak
ada pula kesukaran bagi Allah s.w.t dalam membangkitkan kembali manusia setelah
kematian.
2. Proses Perkembangan janin dalam Ilmu biologi
Usia Minggu ke-1 :
ini adalah minggu permulaan, bahkan pembuahan pun
belum terjadi. Proses pembentukan antara sperma dan telur yang memberikan
informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi dalam rahim. Saat ini janin
sudah memiliki segala bekal genetik, sebuah kombinasi unik berupa 23 jenis
kromosom manusia. Sel2 telur yang berada didalam rahim, berbentuk seperti
lingkaran sinar yg mengelilingi matahari Sel ini akan bertemu dengan sel2
sperma dan memulai proses pembuahan.
sekitar 5
juta sel sperma sekaligus berenang menuju tujuan akhir mereka yaitu menuju sel
telur yang bersembunyi pada saluran sel telur. Walaupun pasukan sel sperma ini
sangat banyak, tetapi pada akhirnya hanya 1 sel saja yang bisa menembus indung
telur.
usia Minggu ke-2 :
Pembuahan
terjadi pada akhir minggu kedua. Sel telur yang telah dibuahi membelah dua 30
jam setelah dibuahi. Sambil terus membelah, sel telur bergerak di dalam lubang
falopi menuju rahim. Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula.
Sel-sel
mulai berkembang dan terbagi kira-kira dua kali sehari sehingga pada hari yang
ke-12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut pada
endometrium

Kandungan
usia Minggu 3
Sampai usia
kehamilan 3 minggu, Anda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. Sel telur
yang telah membelah menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut
blastosit. Ukurannya sangat kecil, berdiameter 0,1-0,2 mm.
Kandungan
usia Minggu ke-4 ( 1 bulan )
Tahapan
perkembangan janin pada bulan pertama dimulai dengan terbentuknya kantung
kehamilan yang berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban. Pada bulan
pertama ini, juga mulai terbentuk plasenta yang berfungsi menyalurkan makanan
atau nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janinnya. Selain itu, di bulan pertama ini
juga sudah mulai terjadi sirkulasi darah dalam tubuh janin tersebut
Kandungan usia 2 Bulan
Pada tahapan
perkembangan janin pada bulan kedua, bayi sudah akan mulai berkembang dan
wajahnya mulai terbentuk. Bakal telinga sudah mulai tampak sebagai lipatan pada
bagian kanan dan kiri kepalanya. Seiring dengan hal tersebut, mulai tampak pula
calon lengan, kaki, dan jari-jemarinya. Selain itu, sistem syaraf pusat atau
otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga mulai terbentuk di
usia kehamilan bulan ke-2 ini. Gambar tahapan perkembangan janin perbulan 1 2 3
4 5 6

Kandungan
usia 3 Bulan
Perkembangan
janin pada bulan ketiga ditunjukan dengan tahap hampir terbentuk sempurnanya
semua bagian tubuh bayi. Tangannya akan mulai bisa mengepal, dan kuku-kukunya
juga mulai dapat tumbuh. Meski belum terlihat dengan sempurna, jenis kelamin bayi
di usia kehamilan ini juga sudah mulai terbentuk, oleh karenanya pemeriksaan
USG (Ultrasound) pada bulan ketiga kurang tepat dilakukan jika tujuannya untuk
mengetahui jenis kelamin bayi. Perlu diketahui pula bahwa bagian dalam tubuh
janin juga sudah mulai berkembang, sistem kemih dan organ reproduksi mulai
terbentuk, sedang hati mulai memproduksi empedu.

Kandungan usia 4 Bulan
Tahapan
perkembangan janin di usia kehamilan ini menunjukan keadaan yang sudah semakin
lengkap. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, jari, wajah sudah dapat
dilihat dengan jelas, oleh karenanya pemeriksaan USG sebaiknya dilakukan pada
usia kehamilan ini. Nah, perlu diketahui pula bahwa dengan bantuan alat khusus,
Anda dapat mulai mendengar detak jantungnya. Ia akan semakin aktif dan sering
bergerak. Gerakan yang dilakukan janin di usia kehamilan ini misalnya menguap,
mengisap jarinya, dan mengubah ekspresi wajah.
Kandungan usia 5 Bulan
Pada tahap
perkembangan janin pada bulan kelima, gerakan janin akan terasa semakin kencang
untuk melatih ototnya. Di bulan ini juga, kepala janin sudah mulai ditumbuhi
rambut halus, begitupun denga tangan dan kakinya. Seluruh kulit bayi mulai
tertutup oleh lapisan putih yang berfungsi untuk mencegah bayi terkena cairan
ketuban secara langsung saat kelak ia dilahirkan.
Kandungan usia 6 Bulan
Pada
perkembangan janin usia enam bulan, keriput pada kulit bayi mulai terbentuk.
Pembuluh darah masih bisa terlihat karena kulit sangat tipis, terutama pada
daerah sekitar perut. Pada bulan ini, bayi sudah dapat membuka dan menutup
kelopak matanya, dan sudah dapat mendengarkan suara-suara dari luar perut. Oleh
karenanya, ibu disarankan untuk memperdengarkan musik klasik pada janinnya
menggunakan earphone untuk merangsang kecerdasan janinnya sejak dalam
kandungan.

Kandungan usia 7 Bulan
Janin sudah dapat
merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut. Dia juga sudah dapat
merasakan adanya cahaya. Pada usia kehamilan ini, pertumbuhan tubuh bayi Anda
akan semakin pesat, tubuhnya semakin besar, dan Anda dapat merasakan ketika
bayi berganti posisi. Di usia kehamilan ini, tubuh bayi sudah mulai menyimpan
lemak.
Kandungan
usia 8 Bulan
Cadangan
lemak dalam kulit kulit semakin banyak, sehingga kulit bayi tidak lagi tampak
keriput. Pendengaran dan penglihatan bayi juga sudah dapat berfungsi dengan
baik, begitupun dengan sistem dalam tubuhnya yang sebagian besar sudah dapat
berfungsi, kecuali paru-paru. Otaknya juga semakin sempurna dan ia pun akan sering
menendang-nendang.
Kandungan
usia 9 Bulan
Perkembangan
paru-paru semakin baik dan sudah dapat berfungsi. Tubuhnya akan memutar dengan
posisi kepala berada di bawah menghadap jalan lahir. Di bulan ini, Anda akan
semakin dekat dengan proses persalinan, sehingga siapkan mental dan fisik Anda.[3]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Allah menciptakan manusia dati tanah. Hal ini berarti, Allah langsung
menciptakan manusia dari tanah, seperti menciptakan Adam a.s dan dapat pula
berarti bahwa pada hakikatnya manusia itu diciptakan tanah sebab setetes mani
yang merupakan asal kejadian manusia itu berasal dari makanan yang bersumber
dari tanah.
Proses kejadian manusia dimulai dari pembuahan sperma terhadap ovum
kemudian menjadi zygot, ‘alaqah, mudgah, janin kemudian Allah
meniupkan roh kedalam janin yang telah berbentuk manusia. Setelah sampai
waktunya lahir, kemudian semakin besar, dewasa dan tua. Semuanya itu hendaknya
dapat dijadikan pelajaran tentang adanya hari kiamat dan hari kebangkitan.
B.
Saran
Dari pembahasan di
atas, penulis hanya bisa menyarankan agar pembaca bisa senantiasa meningkatkan
semangat keagaamaan dan lebih meningkatkan keimanan dan lain sebagainya.
Penulis menyadari bahwa makalah ini kurang sempurna, maka dari itu kritik dan
saran bagi pembaca sangat dibutuhkan. Semoga makalah bermanfaat bagi semua
pihak yang membaca.
DAFTAR
PUSTAKA
Hasbi
ash-Shiddieqy, Teungku Muhmmad, 200, Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur,
Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra
Shihab
, M. Quraish, 2002, Tafsir Al-Misbah,
Jakarta: Lentera Hati
diakses pada tanggal 22 November 2017, pukul 14:55 WIB
[1] Teungku Muhmmad Hasbi
ash-Shiddieqy, Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur (Semarang: PT. Pustaka Rizki
Putra, 200) hlm. 2660-2662
[2] M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah (Jakarta: Lentera Hati,
2002) hlm. 12-14
[3]
http://www.ibu-hamil.web.id/2015/01/gambar-tahapan-perkembangan-janin-per-bulan.html, diakses pada tanggal 22 November
2017, pukul 14:55 WIB
Harrah's New Orleans Casino & Hotel - JMHub
BalasHapusThe Harrah's 목포 출장샵 New Orleans Casino & Hotel is an 의정부 출장마사지 entertainment destination located in 수원 출장샵 New Orleans, 진주 출장샵 Louisiana. It is 순천 출장마사지 owned by Caesars Entertainment and